Wow! Jalan-jalan Paris Kembali Dihiasi Bus Wonderful Indonesia

"Ini adalah kegiatan branding yang bermain di bus di Paris," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Puri Yuanita
| 13 April 2017 09:19

Dream – Laju kencang promosi Wonderful Indonesia di Kota Paris, Prancis, seperti tak pernah putus. Setelah sukses menyebarkan branding Wonderful Indonesia di 20 bus city tour pada Piala Eropa (EURO) 2016, Selasa 11 April 2017, country branding pariwisata Indonesia itu kembali ditampilkan di 8 bus open tour di Paris. Promosinya digelar 11 April-9 Mei 2017.

" Ini adalah kegiatan branding yang bermain di bus di Paris," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu 12 April 2017.

Paris itu kota dengan jumlah wisatawan terbesar. Diluncurkan bulan April untuk menyongsong liburan pertengahan tahun, dan menguatkan kembali branding Wonderful Indonesia di Eropa. Menpar Arief menyadari, biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak melorot. " Sesungguhnya berat, karena brand itu harus di-maintain, dan dinaikkan value-nya. Tentu, untuk itu perlu budget," jelasnya.

bus wonderful indonesia

Menyiasati budget, Menpar Arief Yahya melakukan co-branding, mencari momentum dan memilih media promosi yang pas. Bus, trem, kereta, taksi, public transportation yang bergerak itu, ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.

Baginya, promosi tidak boleh berhenti meski jumlah wisatawan asing ke Indonesia terus meningkat. Alhasil, Prancis pun dilirik. Bus yang dibungkus branding " Wonderful Indonesia" kembali mondar-mandir di Prancis. Nuansanya mirip saat sepakbola Piala Dunia 2016 lalu.

Dengan desain bertema selancar, Danau Toba dengan rumah tradisional Batak, anak-anak Indonesia dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah, diving kelas dunia, Pulau Komodo, gadis Bali dan Candi Borobudur, bus-bus itu menjadi pemandangan unik di tengah kepadatan di Negeri Menara Eiffel itu.

Lantas mengapa harus Prancis? Apa yang ingin didapat Menpar Arief Yahya di Prancis? " Di Prancis Wonderful Indonesia sedang nge-hits. Lagi banyak dibicarakan publik dengan berbagai trik marketing. Lagi jadi perhatian di acara TV di sana. Lagi naik peringkat, mengalahkan Thailand dalam persentase jumlah outbound Prancis ke Indonesia," sebut Menpar Arief Yahya.

bus wonderful indonesia

Mantan Dirut Telkom itu memang tak asal bicara. Tahun lalu, kunjungan wisman Prancis ke Indonesia meningkat 19,8% dibandingkan dengan 2015. Dari 209.466 orang, naik menjadi 250.921 wisman. Angka ini melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata yang membidik 250.000 orang di 2016.

" Dengan promosi gencar seperti ini, saya yakin di 2017 Indonesia bisa meningkatkan angka kunjungan wisman Prancis menjadi 330.000 orang. Sekarang orang Prancis sudah makin mengenal Indonesia," timpal Eka Moncarre, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Paris, Prancis.

Eka mengaku sangat percaya diri dengan bidikan target tadi. Selain sedang nge-hits, masyarakat Paris, menurut dia, rata-rata technology minded. Hobinya tak jauh dari narsis. Mayoritas sudah digital lifestyle.

Branding bus-bus di Paris itu, menurut dia, akan memberi umpan kepada masyarakat Prancis untuk bahan bermain di medsos. " Sangat efektif. Wonderful Indonesia jadi makin dibicarakan publik di dunia nyata dan dunia maya. Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan 'senjata' untuk posting dan menjadi viral di digital," ungkap Eka.

CARA LUPAIN MANTAN ft.Kinoy !! KapanLagi #LupainMantan

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Pasangan Traveler Keren! 1 Fotonya Dihargai Sampai Rp119 Juta
COMMUNITY 12 April 2017 16:51

Cara pasangan traveler satu ini mungkin bisa jadi inspirasimu nih.