Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wow! Sekarang Ibu Hamil Bisa 'Request' Kursi Kereta via Ponsel

Wow! Sekarang Ibu Hamil Bisa 'Request' Kursi Kereta via Ponsel Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Lebih dari 40 tahun yang lalu, psikolog sosial Dr. Stanley Milgram memberi tugas kepada murid-muridnya: Pergilah ke kereta bawah tanah New York City dan mintalah sesama penumpang untuk menyerahkan kursi mereka.

Mayoritas siswa melaporkan kecemasan yang tinggi dan bahkan trauma saat meminta rekan-rekannya untuk menyerahkan tempat duduk mereka, meskipun sebagian besar dari mereka yang diminta memenuhi syarat.

Menghadapi orang asing - bahkan yang baik - masih merupakan pengalaman yang menegangkan bagi banyak orang saat ini, oleh karena itulah New York City, antara lain, telah mencoba mendidik warganya untuk berperilaku sopan dalam transportasi umum. Sementara Tokyo, memanfaatkan teknologi untuk membuat interaksi di kereta bawah tanah menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan jalur aplikasi pesan populer, penumpang hamil di kereta bawah tanah Tokyo sekarang bisa me-request atau meminta penumpang lain untuk menyerahkan tempat duduk mereka. Begitu penumpang hamil menekan "Saya ingin duduk" di telepon mereka, penumpang terdekat - yang sebelumnya terdaftar karena bersedia menyerahkan tempat duduk mereka untuk penumpang hamil - akan menerima pemberitahuan yang menginformasikan mereka untuk berdiri.

Penumpang hamil pun akan menerima pemberitahuan di telepon mereka, yang akan membimbing mereka ke penumpang yang bersedia menyerahkan tempat duduknya.

"Ini mungkin khusus untuk Jepang tapi beberapa orang ragu untuk berbicara dengan orang yang mungkin memerlukan tempat duduk," juru bicara Dai Nippon Printing, perusahaan yang menguji layanan di kereta bawah tanah tersebut, kepada AFP. "Banyak orang juga melihat layar smartphone dan tidak selalu menyadari dengan cepat bahwa ada seseorang yang membutuhkan, berdiri di dekatnya."

Fitur permintaan kursi juga akan tersedia untuk penumpang usia lanjut dan penyandang disabilitas. Layanan tersebut mulai diujicobakan di Tokyo pekan lalu namun belum jelas kapan akan menjadi fitur permanen di kereta bawah tanah.

(Sumber: travelandleisure.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Di Luar Nalar! Kurir Kirim Paket Berupa Keranda Jenazah, Pas Masuk Mobil Van Mirip Antar Mayat ke Kuburan Pakai Ambulans

Di Luar Nalar! Kurir Kirim Paket Berupa Keranda Jenazah, Pas Masuk Mobil Van Mirip Antar Mayat ke Kuburan Pakai Ambulans

Paket yang diangkat kurir tersebut bentuknya cukup aneh. Awalnya mirip dengan sebuah tabung tengkurap.

Baca Selengkapnya
Mahasiswa Terakhir di Angkatannya Langsung Video Call Ibu Usai Lulus Sidang Skripsi, Momen Minta Maaf Penuh Haru

Mahasiswa Terakhir di Angkatannya Langsung Video Call Ibu Usai Lulus Sidang Skripsi, Momen Minta Maaf Penuh Haru

Momen haru mahasiswa terakhir di angkatannya lulus sidang skripsi, minta maaf ke orangtua.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya