Begini Lho Indahnya KEK Mandalika yang Baru Diresmikan Jokowi

Mengapa kawasan ini dinamakan Mandalika ya?

Presiden Joko Widodo di KEK Mandalika (Foto: Facebook/Kementerian Pariwisata)

Puri Yuanita
| 24 Oktober 2017 16:09

Dream - Setelah menunggu sekian lama, akhirnya, akhirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, telah resmi beroperasi. Peresmian kawasan yang menjadi salah satu dari '10 Bali Baru' itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 20 Oktober 2017 lalu.

Peresmian KEK Mandalika ini digadang-gadang bakal menjadi langkah awal dari serangkaian program besar dalam rangka mewujudkan pariwisata Indonesia yang kuat, sekaligus memberikan efek kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Setelah beroperasi, kawasan ini diprediksi mampu memberdayakan tenaga kerja hingga 58.000 orang. Investasi yang masuk pun diperkirakan lebih dari Rp13 triliun.

Lantas, mengapa kawasan ini dinamakan Mandalika? Ternyata nama Mandalika sendiri diambil dari cerita rakyat yang populer di kalangan Suku Sasak, di Pulau Lombok. Yakni, legenda Putri Mandalika.

Nah, saat ini KEK Mandalika sudah semakin siap menyambut para wisatawan yang datang. Kawasan ini menjadi kian mudah diakses karena telah dibangun jalan langsung yang berjarak hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

KEK Mandalika terbentang luas 1.034 hektar, dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan. Kawasan ini ditandai dengan berdirinya Monumen Putri Mandalika yang ada di Pantai Seger.

Selain pantai-pantai indah nan mempesona, saat mengeksplor alam Mandalika kamu tak boleh melewatkan Bukit Merese. Dan jangan lupa pula untuk singgah di Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak.

Daripada penasaran, langsung saja yuk intip keindahan KEK Mandalika lewat foto-foto berikut.

(Berbagai sumber)

#KapanLagiKepo - Joko Anwar Ingin Jadi Leonard Cohen

Jangan Lewatkan