5 Situs Islam Peninggalan Rasul yang Telah Lenyap

Di antara sekian banyak situs bersejarah peninggalan Rasul, keluarga dan para sahabatnya, ternyata adapula yang telah lenyap akibat ulah tangan manusia. Apa saja?

Puri Yuanita
| 8 Januari 2016 17:25

Dream - Perjalanan dakwah Rasulullah SAW yang panjang meninggalkan sejumlah jejak berupa situs-situs bersejarah yang kini tersebar di berbagai wilayah jazirah Arab.

Situs-situs peninggalan Rasul tersebut sudah seharusnya dipertahankan dan dijaga keberadaannya. Namu tahukah Anda? Di antara sekian banyak situs bersejarah peninggalan Rasul, keluarga dan para sahabatnya yang ada di Arab Saudi, ternyata adapula yang telah lenyap akibat ulah tangan manusia. Apa saja?

Berikut 5 situs peninggalan Nabi Muhammad SAW yang telah lenyap:

1. Rumah yang pernah ditinggali Rasul

Dalam dua dekade terakhir, The Gulf Institute yang berpusat di Ibukota Wahington DC, Amerika Serikat, mencatat bahwa Riyadh telah melumatkan 95 persen dari seluruh bangunan berusia lebih dari seribu tahun di Mekah dan Madinah.

Perluasan Masjidil Haram juga mengundang protes dan kecaman dari berbagai pihak. Di sekitar Kabah, kini bermunculan berbagai pusat perbelanjaan, hotel, dan gedung-gedung tinggi.

Di sana kini terdapat kompleks Jabal Umar yang terdiri dari apartemen, hotel, dan menara jam tertinggi sejagat. Untuk mewujudkan proyek ini, Arab Saudi membuldoser Benteng Ajyad di masa kekhalifahan Usmaniyah. Di kompleks ini terdapat pula rumah Nabi Muhammad yang kini telah berubah menjadi perpustakaan masjid.

Ingin tahu empat situs lainnya, selengkapnya baca di sini.     

Topik Terkait :

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan