Begini Tata Cara Sholat di Pesawat Selama Penerbangan Umroh

Para jamaah akan berada di dalam pesawat minimal selama 10 jam hingga sampai ke Bandara Internasional Jeddah atau Bandara Internasional Madinah.

Puri Yuanita
| 4 April 2017 16:43

Dream - Sahabat Dream Travel yang sudah pernah menunaikan ibadah umroh mungkin paham mengenai tata cara pelaksanaan sholat di pesawat saat dalam rangkaian penerbangan menuju Tanah Suci. Tapi bagi yang belum, mungkin akan bertanya-tanya.

Untuk itu, Dream Travel akan mengulasnya buat kamu. Bebricara mengenai penerbangan umroh tentu saja tidak akan lepas dari bagaimana melaksanakan sholat di pesawat. Sebab, para jamaah akan berada di dalam pesawat minimal selama 10 jam hingga sampai ke Bandara Internasional Jeddah atau Bandara Internasional Madinah.

Dengan demikian, diperkirakan minimal para jamaah umroh akan melewati dua waktu sholat saat penerbangan umroh. Bagi jamaah yang menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlies, tidak akan direpotkan dengan keberadaan tempat sholat.

sholat

Karena maskapai satu ini menyediakan tempat sholat khusus yang dapat menampung hingga 10 orang, lengkap dengan penunjuk arah kiblat dalam bentuk LED Display.

Namun, selain ketersediaan tempat sholat di dalam pesawat, masih banyak hal lain yang harus diperhatikan para jamaah. Mulai dari tata cara, arah, dan adab sholat selama penerbangan umroh. Seperti cara berwudhu, penggunaan toilet dengan air yang terbatas hingga ketentuan waktu sholat.

Satu hal yang harus dipahami, penerbangan umroh menuju Tanah Suci dikategorikan sebagai perjalanan jauh. Sehingga jamaah umroh pun dapat digolongkan sebagai musafir, yakni orang yang tengah berada dalam sebuah perjalanan jauh karena Allah.

Allah SWT pun memberikan keringanan dan kemudahan dalam menjalankan sholat bagi para musafir. Mereka dapat melakukan sholat dengan cara Jamak dan Qashar. Demikian pula bagi para jamaah umroh yang jarak perjalanannya sudah melebihi 90 km.

Pelaksanaan Jamak dan Qashar dapat dilakukan selama...................selengkapnya baca di sini.     

#BolanetUpdates - Pesepakbola Yang Pernah Menghilangkan Nyawa Orang Lain

Jangan Lewatkan