Di Mana Tempat Pemakaman Jamaah Haji Bila Wafat di Tanah Suci?

Kemanakah para jamaah asing ini akan dimakamkan, mengingat begitu banyaknya orang yang meninggal setiap tahunnya saat musim haji berlangsung?

Puri Yuanita
| 20 September 2016 16:31

Dream - Dalam pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya, hampir bisa dipastikan akan selalu ada jamaah yang meninggal di tanah suci. Entah itu karena musibah atau sakit.

Lantas bagaimana pemulangan jenazah jamaah haji yang wafat, jika mereka berasal dari luar Arab Saudi seperti Indonesia? Mungkin masih banyak di antara kamu yang bertanya-tanya tentang hal ini.

Dan ternyata, menurut aturan, jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci tidak boleh dipulangkan ke tanah air, melainkan harus langsung dimakamkan di sana. Lalu kemanakah para jamaah asing ini akan dimakamkan, mengingat begitu banyaknya orang yang meninggal setiap tahunnya saat musim haji berlangsung?

Nah, ternyata jenazah para jamaah yang wafat itu akan dikuburkan di pemakaman umum yang bernama Soraya. Berbeda dengan lokasi pemakaman di tanah air yang sarat kesan angker atau keramat, di sini justru menunjukkan kesan biasa saja.

Makam-makam di Soraya tidak diberi nisan dan hanya ditandai dengan bongkahan batu. Komplek pemakaman ini berada di pinggiran Kota Mekkah, sekitar 4 kilometer ke arah Masjid Ja'ronah atau sekitar 20 kilometer utara Mekkah.

Luasnya mencapai 4 hektare persegi dan hanya dikhususkan bagi jenazah asing yang melaksanakan haji dan umroh. Pemakaman Soraya yang telah berusia sekitar 10 tahun itu dikelilingi oleh bukit cadas di samping jalan lintas dari Ja'ronah menuju Mekah.

Ada satu fakta menarik tentang pemakaman ini. Ternyata, setiap liang lahat yang sudah berusia 3 tahun akan ditambah lagi dengan jenazah baru. Hal ini dilakukan karena keterbatasan lahan untuk pemakaman.

Jika ada jamaah yang meninggal, maka petugas akan segera membongkar kuburan yang usianya sudah tiga tahun. Jika ternyata jasad yang ada masih utuh, maka akan... Selengkapnya baca di sini.     

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan