Dibangun Selama 4,5 Tahun, Inilah Keistimewaan Masjid Sakirin

Simple tapi indah, itulah kesan yang akan didapatkan dari tampak luar bangunan masjid ini.

Puri Yuanita
| 30 Juni 2017 11:47

Dream - Dari keberadaan kubah sampai ke ornament air mancurnya, masjid yang berukuran tak terlalu besar ini menjadi salah satu penanda era baru desain dan arsitektur rumah ibadah di Turki. Nama masjidnya adalah Sakirin Mosque.

Arsitektur pembangunan masjid yang berada di kawasan 'Asia-nya' Istanbul itu sebenarnya adalah Husrev Tayla. Namun karena alasan tertentu, desain bangunannya dilanjutkan kemudian oleh muridnya yang bernama Zeynep Fadillioglu.

Zeynep pun mengimplementasikannya lewat sebuah kompleks masjid seluas 10.000 meter persegi bernuansa klasik-modern dengan kapasitas jamaah sebanyak 500 orang. Menariknya, Zeynep tidak bekerja seorang diri, ia juga dibantu oleh banyak seniman dan pengrajin ternama di Turki.

 sakirin mosque

Tak heran, karena desain garapannya serta kemampuannya bekerja sama ini ia pun dinobatkan menjadi wanita pertama di dunia yang mendesain bangunan masjid.

Karena begitu banyaknya aspek detail yang mesti diperhatikan, Sakirin Mosque dibangun dalam 4,5 tahun lamanya. Bagi para wisatawan dan penyuka jalan-jalan yang berkunjung ke sana, desain eksteriornya yang indah adalah yang pertama kali menarik perhatian.

Simple tapi indah, itulah kesan yang akan didapatkan dari tampak luar bangunan yang melibatkan seniman dalam dan luar negeri Turki tersebut. Ada dua buah menara yang terlihat. Namun keduanya tak dilengkapi oleh balkoni dimana panggilan azan biasanya diperdengarkan lewat loud-speaker.

 sakirin mosque

Sepintas, kedua menara tersebut berbentuk layaknya menara-menara gereja. Kubah masjidnya sendiri dilapisi oleh panel-panel yang terbuat dari bahan alumunium.

Di malam hari, kubah ini bersinar biru kemilau oleh cahaya ultra modern. Adalah Arnold Chan, seniman asal Inggris yang bertanggung jawab atas pengerjaan kubah berbentuk 'kulit kerang-nya' Sakirin Mosque.

Pengunjung yang mendatangi Sakirin Mosque juga bisa menyaksikan batu berwarna abu-abu tua yang mendominasi bagian luar kompleks masjid-nya.

Di bagian luar masjid ini juga terdapat sebuah...........selengkapnya baca di sini.   

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan