Fakta-fakta Menarik di Balik Proyek Renovasi Sumur Zamzam

Renovasi sumur Zamzam bakal rampung sebelum Ramadhan. Akan seperti apa wujudnya nanti? Simak fakta-fakta menariknya!

Puri Yuanita
| 6 Februari 2018 08:15

Dream - Pengerjaan renovasi sumur Zamzam akan selesai sebelum kedatangan bulan suci Ramadhan, menurut pejabat.

Lebih dari 250 insinyur, teknisi dan buruh, didukung oleh 11 derek, bekerja sepanjang waktu untuk membangun lima sumber air Zamzam di dalam Masjidil Haram.

Bagian-bagiannya akan berukuran 8 meter dan panjangnya 120 meter, kata Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Kepala Urusan Masjid Suci.

" Sekitar 50 persen pengerjaan telah selesai dan kemajuannya berjalan dengan baik," kata Al-Sudais kepada surat kabar Al-Madina Arab Saudi setelah melakukan tur di lokasi proyek.

 sumur zamzam

Pengerjaan berhenti tiap setengah jam sebelum azan dan dilanjutkan segera setelah sholat. Mesin untuk menggali dan memasang beton beroperasi di lokasi tersebut, sementara truk besar membawa puing-puing keluar dari masjid.

Proyek yang dimulai tiga setengah bulan lalu ini dilakukan di bawah pengawasan ketat kepresidenan dan akan selesai sebelum kemunculan bulan Ramadhan, ketika sejumlah besar peziarah akan mengunjungi Mekkah untuk umrah.

Proyek sumur Zamzam memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah membangun lima transit dari sisi timur mataf, sedangkan bagian kedua melibatkan strerilisasi air dan mengeluarkan beton dari daerah sekitarnya.

 sumur zamzam

" Tahap kedua proyek ini bermaksud untuk memurnikan air sejauh mungkin dari bahan berbahaya. Ini juga akan meningkatkan arus keluar air Zamzam," kata seorang pejabat yang dekat dengan kepresidenan kepada Al-Madina.

Sheikh Al-Sudais mengatakan, proyek renovasi air Zamzam didorong oleh komitmen pemerintah untuk memperbaiki fasilitas dan layanan bagi peziarah yang datang untuk haji dan umrah serta demi melindungi sumur Zamzam yang bersejarah.

(Sumber: saudigazette.com.sa)

 

 

Trik kembalikan mood setelah libur lebaran

Jangan Lewatkan