Jamaah, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Selfie di Depan Kabah

Sebelum memutuskan berfoto di depan Kabah, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Puri Yuanita
| 9 Oktober 2017 08:19

Dream - Berswafoto atau berselfie seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Nyaris tiap melakukan aktivitas sosial, mereka melakukan selfie. Saat berkumpul bersama teman, saat sedang jalan-jalan, hingga ketika ingin menyantap makanan pun terkadang masih sempat berselfie.

Bahkan tak jarang, saat ingin melakukan ibadah pun ada saja orang yang berselfie. Kasus semacam ini pun masih kerap ditemui pada jamaah-jamaah umroh atau haji yang sedang menunaikan ibadah di Tanah Suci. Salah satu spot favorit mereka untuk berfoto adalah di depan Kabah.

Berselfie tentu sah sah saja dilakukan, tetapi sebaiknya harus melihat tempat dan situasinya juga. Sebelum memutuskan berfoto di depan Kabah, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Hal-hal Negatif Ketika Selfie di depan Kabah

Tidak jarang para jamaah haji atau umroh yang mengambil foto sendiri, selfie, dengan pasangan atau keluarga selfie di depan Kabah. Kegiatan tersebut tentu sangat menganggu para jamaah lain yang sedang melakukan ibadah di Tanah Suci.

Banyak jamaah yang melakukan selfie atau mengambil video di depan Kabah yang menjadi tempat paling banyak diminat. Hal ini sangat menyulitkan jamaah lain yang sedang melakukan Tawaf atau berkeliling di sekitar Kabah.

Apalagi jika hal ini dilakukan ketika bulan suci Ramadan yang menjadi bulan favorit untuk umat muslim di dunia menjalani ibadah umroh karena banyak keutamaan di dalamnya. Sehingga banyak orang tentu memenuhi kawasan tersebut.

Jika kamu memiliki rencana untuk melaksanakan ibadah haji atau pun umroh sebaiknya memikirkan beberapa hal sebelum mengambil foto di depan Kabah. Seorang yang sedang asyik mengambil foto maupun video di sekitar Kabah akan merepotkan para jamaah lainnya. Hal ini akan mempersulit prosesi Tawaf, menyebabkan saling berbenturan antar jamaah, bahkan menganggu jamaah lain terlebih yang telah berusia lanjut atau berkebutuhan khusus.

Seorang hakim pengadilan tinggi Riyadh yaitu Naif Al-Hamd menegaskan bahwa dalam Alquran surah Al-Zumar ayat 11 yang artinya telah mengatur hal-hal yang dilarang dilakukan jika menganggu atau mengalihkan jamaah dari ibadah, hal ini berlaku untuk fotografi.

Ulasan selengkapnya baca di sini.  

Topik Terkait :

Pengakuan Ashanty Hampir Berpisah Dari Anang Hermansyah

Jangan Lewatkan