Kala Teknologi Memudahkan Ibadah Umroh

Tanpa mengurangi kekhusyukan, aplikasi mulai dikembangkan untuk membantu jemaah umroh.

Syahid Latif
| 17 Maret 2019 09:38

Dream - Perkembangan teknologi dan akses internet yang makin kencang membuat hampir semua sendi kehidupan manusia semakin mudah. Mulai dari sosial media sampai urusan ibadah terpenuhi lewat satu genggaman gawai di tangan.

Lazim kita melihat pemilik gawai membuka gawai ketika tengah berada di dalam masjid. Bukan berselancar media sosial. Mereka melantunkan ayat suci Al Quran dari aplikasi yang tersimpan di ponselnya. 

Kini, kemajuan teknologi sebentar lagi akan membantu jemaah umroh menjalankan aktivitas ibadah selama di Tanah Suci. Misi inilah yang tengah dibangun agen travel umroh, Zamzam Wisata. 

" Memberikan pelayanan terbaik bagi tamu Allah adalah satu satu bagian dari ibadah kami kepada Allah SWT," ujar Managing Director Zamzam Wisata, Gamal Farhan dalam Media Trip Umroh Scoot Airline dan Zamzam Wisata baru-baru ini.

Menurut Gamal, berbagai layanan kemudahan diberikan perusahaannya untuk para jemaah umroh. Selain penerapan teknologi, salah satunya adalah jaminan dari Zamzam Wisata untuk tak memegang sedikitpun uang jemaah sebelum dipastikan mereka akan berangkat.

" Kami memiliki program tabungan yang bekerja sama dengan CIMB Niaga," ujarnya.

 Umroh dari Singapura

Gamal memastikan, uang jemaah takkan pernah disentuh perusahaan sampai mereka berangkat. Cara ini dapat dilakukan karena perusahaan memiliki modal yang cukup untuk operasional sehari-hati.

" DP (uang muka) jemaah hanya Rp2 juta," ujarnya.

Selain itu, Zamzam Wisata juga menyediakan fasilitas asuransi perjalanan Travellin Insurance untuk setiap jemaah umrohnya. Perlindungan ini diberikan selama jemaah menjalankan ibadah umroh. Salah satu keistimewaan dari fasilitas ini adalah jemaah yang mengalami musibah di daerah terpencil di Arab Saudi akan diangkut menggunakan helikopter tanpa dikenakan biaya tambahan apapun.

Bahkan jika dianggap mendesak, keluarga jemaah yang mengalami sakit atau musibah akan diangkut ke Arab Saudi untuk menjenguk. Selain tiket gratis, keluarga bisa menemani jemaah yang sakit selama 5 hari.

Berbagai layanan lain yang diberikan Zamzam Wisata adalah paket internet roaming internasional sebesar 5 GB untuk jemaah. Layanan ini telah bekerja sama dengan operator telekomunikasi, Telkomsel.

Kembangkan Aplikasi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, Ronald Tambunan, direktur operasi G-Tour Travel yang merupakan induk usaha Zamzam Wisata, menegaskan perusahaan juga tengah mengembangkan sebuah aplikasi mobile, G-Tour Grup App, untuk memudahkan para jemaah.

 Umroh dari Singapura

Aplikasi berbasis android yang masih dalam tahap pengembangan ini berisi berbagai informasi perjalanan, hotel, nomor kontak par atour guide, serta kumpulan doa yang bisa digunakan jemaah.

" Pada saat ini aplikasi masih dalam tahap pengembangan (versi beta)," ujar Ronald.

Dalam aplikasi ini, G-Tour Travel berusaha memudahkan para jemaah umroh yang selama ini banyak terkendala mengingat rute perjalanan menuju tempat penginapan. Jemaah nantinya hanya cukup mengingat nama hotel tempat menginap dan aplikasi yang terhubung dengan Google Maps akan membantu menunjukan rute perjalanan.

Meski baru pengembangan, Ronald sudah berencana untuk mengembangkan aplikasi ini lebih jauh. Nantinya, para jemaah umroh akan dibekali sebuah smartwatch

Jam tangan pintar ini nantinya akan terhubung ke pusat data G-Tour untuk membantu memantau posisi para jemaahnya.

" Selama ini aplikasi kami dipakai anak milenial dan juga generasi yang lebih tua. Porsinya mungkin 50:50," kata Ronald.(Sah)

Topik Terkait :

Ma'ruf Amin Sebut Standar Halal Indonesia Jadi Contoh Dunia

Jangan Lewatkan