Lakukan Hal Ini Jika Kehilangan Bagasi dalam Penerbangan Umroh

Apabila dalam penerbangan domestik maupun penerbangan internasional, kita dapat menuju ke bagian lost and found langsung, namun tidak demikian halnya dengan penerbangan umroh.

Puri Yuanita
| 23 Juli 2017 08:19

Dream - Permasalahan yang sering dihadapi jamaah ketika sampai di bandara Arab Saudi dalam sebuah penerbangan umroh adalah kehilangan bagasi. Kehilangan ini tentu saja baru bisa diketahui ketika jamaah sudah sampai di tempat pengambilan bagasi setelah menunggu sekian lama di bagian pemeriksaan imigrasi. Baik di Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

Apabila dalam penerbangan domestik maupun penerbangan internasional, kita dapat menuju ke bagian lost and found langsung, namun tidak demikian halnya dengan penerbangan umroh. Untuk melaporkan kasus ini langsung ke bagian lost and found seketika, tentu sangat tidak mungkin.

Selain ada kendala bahasa, jumlah jamaah yang sangat membludak tidak memungkinkan dilakukannya pengurusan saat itu juga. Maka, yang harus dilakukan jamaah adalah melaporkannya kepada pendamping rombongan umroh.

Dalam hal ini, petugas dari travel umroh yang sekaligus berperan sebagai ketua rombongan harus segera melaporkan ke pihak maskapai penerbangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Madinah. Setelah pihak maskapai mengecek kebenaran laporan tersebut, si pelapor akan mendapatkan surat bukti pelaporan.

Pihak maskapai berkewajiban menelusuri dimana hilang atau tercecernya bagasi penerbangan umroh tersebut. Bila tidak ditemukan di Bandara King Abdul Aziz, pihak maskapai tentu harus menelusuri asal penerbangan, nomor kode penerbangan, kode booking, tanggal terbang dan landing, dan informasi lainnya. Biasanya data-data tersebut terdapat di tag atau tanda bagasi yang dipegang oleh pemimpin rombongan.

Dalam hal ini, yang perlu diingat oleh jamaah yang mengalami kehilangan dan juga oleh pihak travel adalah.....................selengkapnya baca di sini.   

 

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara

Jangan Lewatkan