Maqam Ibrahim Bukanlah Kuburan Nabi Ibrahim Melainkan...

Di dalam bangunan tersebut terdapat batu yang diturunkan oleh Allah dari surga yang konon bersamaan dengan diturunkannya Hajar Aswad.

Puri Yuanita
| 28 Mei 2017 08:19

Dream - Maqam Ibrahim bukanlah makam (kuburan) Nabi Irahim AS sebagaimana banyak pendapat orang selama ini. Dalam tata bahasa Arab, Maqam berarti 'tempat'.

Jadi, Maqam Ibrahim adalah tempat dimana Nabi Ibrahim AS berdiri saat membangun kembali Kabah atas perintah Allah SWT.

 maqam ibrahim

Maqam Ibrahim merupakan sebuah batu prasasti yang berbentuk kotak dan memiliki dua lubang di atasnya. Maqam Ibrahim berupa bangunan kecil yang terletak di sebelah timur Kabah.

Di dalam bangunan tersebut terdapat batu yang diturunkan oleh Allah dari surga yang konon bersamaan dengan diturunkannya Hajar Aswad. Di atas batu itu Nabi Ibrahim berdiri di saat Beliau meninggikan bangunan Kabah dimulai dari pondasinya.

 maqam ibrahim

Nabi Ismail AS turut membantu meletakkan batu yang kemudian dikenal dengan Maqam Ibrahim sebagai pijakan. Hal ini agar Nabi Ibrahim AS dapat naik lebih tinggi lagi dengan bantuan pijakan batu tersebut.

Tempat pijakan dua telapak kaki Nabi Ibrahim AS itu dengan seizin Allah meninggalkan bekas dan masih tetap ada sampai sekarang.

 maqam ibrahim

Ulasan selengkapnya mengenai Maqam Ibrahim bisa disimak di sini.   

Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi

Jangan Lewatkan