Masjid Pertama di Dunia yang Dibangun di Bawah Tanah

Masjid Sanclakar ini memang baru dibangun pada tahun 2011, namun kepopulerannya sudah sampai penjuru dunia.

Puri Yuanita
| 27 Desember 2016 15:55

Dream - Pesona Turki sebagai tujuan wisata sudah tak diragukan lagi ya. Negara yang terletak di antara dua benua ini punya segudang tempat menarik yang membuat wisatawan tergoda untuk datang.

Tempat-tempat wisata di Turki bahkan banyak yang namanya sudah tersohor hingga ke mancanegara. Seperti Hagia Sophia, Cappadocia hingga Pamukkale. Nah yang akan Dream Travel ulas kali ini pun nggak kalah populer dan keren. Kamu harus tahu!

Tempat yang dimaksud adalah Masjid Sanclakar yang diklaim sebagai masjid terunik di Turki. Yang menjadi keunikan dari masjid ini adalah pembangunannya di bawah tanah. Masjid ini juga sekaligus menjadi masjid pertama di dunia yang berada di bawah tanah. Unik ya!

Masjid Sanclakar ini memang baru dibangun pada tahun 2011, namun kepopulerannya sudah sampai penjuru dunia. Masjid ini terletak di Distrik Buyukcekmece di Istanbul, Turki. Dibangunnya masjid ini terinspirasi oleh Gua Hira. Dan bangunan ini menjadi bangunan ibadah pertama yang memenangkan gelar juara dalam kompetisi dunia di bidang arsitektur bangunan keagamaan.

Ruangan sholat di masjid ini bisa menampung sekitar 650 jamaah. Dengan arsitektur yang menakjubkan, beribadah di masjid ini pun bisa menjadi pengalaman yang sangat mengesankan.

Arsitektur pada bangunan masjid ini menggabungkan desain gaya Utsmaniyah dengan arsitektur modern masa kini. Masjid ini dibangun hingga 7 meter di bawah permukaan tanah dan dirancang oleh arsitek ternama Turki, Emre Arolat.

Jalur utama masjid ini diterangi oleh sinar matahari sehingga tetap menciptakan lingkungan dengan nuansa spiritual kental. Pada dinding depan atas, membentang kaca yang transparan sehingga cahaya matahari dapat leluasa menyinari ruang utama.

Sementara bagian tengah dan belakang masjid hanya mendapat penerangan dari lampu. Namun tentu tetap dirancang sebaik mungkin agar memberikan efek nyaman kepada pengunjungnya.

Ingin tahu lebih jauh tentang masjid unik ini? Yuk lihat ulasan lengkapnya di sini.   

 

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan