Menguak Sejarah di Balik Nama-nama Lain Kota Mekah

Mekah tak hanya disebutkan dalam Alquran dengan satu sebutan saja. Melainkan dengan bermacam-macam nama.

Puri Yuanita
| 17 Maret 2017 13:45

Dream - Mekah menjadi salah satu kota terpenting bagi umat Islam. Kota ini menjadi tempat berdirinya Kabah yang merupakan kiblat kaum muslim di seluruh dunia.

Mekah juga menjadi tujuan utama untuk menunaikan ibadah haji dan umroh. Sejarahnya yang panjang dan erat dengan perkembangan Islam dari masa ke masa, membuat kota ini begitu istimewa dan selalu menarik untuk diulas.

Nah, berikut ini Dream Travel bakal mengulas seputar nama-nama lain Kota Mekah yang mungkin tak banyak diketahui orang. Di antara banyak kota atau negara yang disebutkan dalam Alquran, Kota Mekah menjadi salah satunya.

Mekah tak hanya disebutkan dalam Alquran dengan satu sebutan saja. Melainkan dengan bermacam-macam sebutan. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Ummul Qura

Mekah juga mempunyai nama lain Ummul Qura yang berarti 'Perkampungan Tua'. Sebutan ini tersurat dalam dalah satu ayat Alquran.

" Demikianlah kami wahyukan kepada Alquran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada Ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga dan segolongan masuk Jahannam." (QS. Asy-Syura: 7)

2. Al-Baladul Amin

Julukan lainnya adalah Al-Baladul Amin yang berarti 'Negeri yang Aman'. Nama Al-Baladul Amin terdapat pula dalam Alquran.

" ...dan demi kota Mekah ini yang aman." (QS. At-Tin: 3)

Ulasan selengkapnya simak di sini.   

 

Topik Terkait :

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan

Jangan Lewatkan