Mulai 2018, Muslimah di Negara Ini Boleh Berhaji Tanpa Mahram

Aturan baru ini bakal mulai diberlakukan di musim haji tahun 2018.

Puri Yuanita
| 2 Januari 2018 17:15

Dream - Perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Minggu mengatakan bahwa pemerintahnya telah menghapus " pembatasan" yang melarang para jamaah wanita melakukan perjalanan haji sendiri.

Menurut Kementerian Urusan Minoritas, sekarang wanita muslim berusia di atas 45 tahun akan diizinkan pergi haji tanpa mahram dalam kelompok yang beranggotakan setidaknya empat orang.

Dalam pidatonya di sebuah radio, perdana menteri mengatakan bahwa penghapusan pembatasan yang mengharuskan pendampingan mahram bagi jamaah wanita mungkin terlihat sebagai " hal kecil" . Namun isu-isu tersebut memiliki dampak yang besar pada citra kita sebagai masyarakat.

Dia mengatakan, saat pertama kali mendengar tentang pembatasan tersebut dirinya terkejut dan penasaran dengan siapa yang merancang peraturan semacam itu.

" Mengapa ada diskriminasi? Dan ketika saya membahas masalah ini, saya terkejut saat mengetahui bahwa bahkan setelah 70 tahun masa kemerdekaan kita, kita adalah orang-orang yang telah memberlakukan pembatasan ini. Selama beberapa dekade, ketidakadilan diberikan kepada wanita muslim tapi tidak pernah ada diskusi tentang itu," katanya.

Dia menunjukkan bahwa pembatasan semacam itu tidak lazim di banyak negara Islam.

" Saya dengan senang hati mencatat bahwa saat ini sekitar 1.300 wanita muslim telah menerapkan untuk melakukan haji tanpa 'mahram' dan wanita dari berbagai belahan negara dari Kerala ke India utara, telah menyatakan keinginan mereka untuk pergi untuk ziarah haji," katanya.

Perdana Menteri pun mengatakan, dia telah menyarankan kepada Kementerian Urusan Minoritas bahwa mereka harus memastikan semua wanita yang telah mengajukan perjalanan sendirian diizinkan untuk melakukan haji.

(Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

Topik Terkait :

Suasana Mako Brimob Menyambut Ahok Bebas

Jangan Lewatkan