Penampakan Mengagumkan Ruang Dalam Dome of the Rock

Di sinilah Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan mi'raj menuju surga setelah terlebih dulu melakukan perjalanan gaib dari Masjidil Haram Mekah.

Puri Yuanita
| 21 Februari 2016 08:20

Dream - Dome of the Rock, sebagian besar muslim tentu tahu bangunan monumental yang satu ini. Bangunan kubah batu dengan warna emas yang khas ini merupakan salah satu ikon kota tua Yerusalem, Palestina.

Tak sedikit umat muslim yang mengira sebagai Masjid Al-Aqsa. Padahal Dome of the Rock bukan Masjid Al-Aqsa meski berada dalam satu komplek yang sama.

Dome of the Rock merupakan salah satu monumen Islam tertua di dunia. Dibangun 70 tahun setelah masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, atau tepatnya pada tahun 691 oleh Khalifah Abdul Malik.

Bagi umat muslim, Dome of the Rock atau yang dikenal juga dengan Qubbat as Sakhra termasuk yang disucikan selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Karena masjid ini masih merupakan bagian dari Komplek Al-Aqsa.

Di sinilah Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan mi'raj menuju surga setelah terlebih dulu melakukan perjalanan gaib dari Masjidil Haram Mekah.

Nah, lantas seperti apa penampakan bagian dalam Dome of the Rock? Di bagian dalam bangunan, tepat di bawah kubah batu terdapat sebuah gua kecil. Di sisi kirinya terdapat mihrab kecil yang menunjukkan arah kiblat, ke arah Mekah.

Gua ini dikenal dengan sebutan 'The Well of Souls' (Bir el-Arweh) karena sebagian orang percaya, di sinilah kelak arwah-arwah orang yang telah mati berkumpul untuk menunggu hari kiamat. Namun, ini hanya sebuah mitos yang akhirnya berkembang di masyarakat.

Terlepas dari mitos tersebut, gua ini menjadi magnet tersendiri bagi para jemaah umrah yang melakukan wisata religi.

Agar tak penasaran, yuk lihat langsung penampakan bagian dalam Dome of the Rock lewat foto-foto berikut:

 

(Foto: islamiclandmarks.com)

 

Topik Terkait :

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan