Pengalaman Menggetarkan Sholat Pertama Kali di Masjid Nabawi

Semerbak wangi tercium dari dalam masjid. Hati terasa dekat dengan Rasulullah di kota Madinah.

Syahid Latif
| 14 Maret 2019 19:35

Hati Ini Begitu Dekat Denganmu Rasulullah

Masjid Nabawi Umroh

Menjelang waktu zhuhur, kami yang sedari tadi dudu bersila mulai bangun. Siang itu perjalanan dilanjutnya ke dalam ruang dalam masjid. Sebuah kubah berwarna hijau menjadi perhatian kami.

Di masa kenabian Muhammad SAW, di bawah bangunan itu dulunya adalah rumah Rasulullah. Kini, rumah manusia pilihan itu sudah tak lagi berbekas. Berganti makam Sang Nabi dan dua sahabatnya, Abu Bakar Shidiq dan Umar bin Khatab.

Siang itu cukup terik. Namun semilir angin membuat kami tetap nyaman. Lantai marmet yang kami injak pun terasa dingin. Inilah kemajuan teknologi yang dipakai Saudi. Membuat lantai tetap dingin meski sinar matahari menyengat.

Setelah sandal kami masukkan dalam plastik, kaki ini telah menjejkkan langkah pertama di areal dalam masjid Nabawi. Hati bergetar manakala melihat arsitektur dalam masjid. Ornamen di bagian atas masjid penuh dengan kaligrafi. Tiang-tiang besar terlihat di sepanjang masjid yang luasnya lebih dari 100 ribu hektare itu.

Semerbak wangi khas masjid langsung tercium begitu memasuki masjid ini. Lantai berkarpet menyambut para jemaah. Beberapa bagiannya sengaja dibiarkan kosong. Tempat jemaah keluar masuk ke masjid tersebut.

Kepadatan semakin terasa mana kala kami mendekati satu ruangan paling dicari jemaah haji dan umroh yang berkunjung. Raudhah, begitu banyak orang menyebutnya. Inilah tempat yang mendapat julukan Taman Surga.

Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam Nabi Muhammad SAW yang dahulunya merupakan kediaman Rasulullah. Ruangannya tak terlalu lebar. Hanya beberapa meter saja. Siang itu kami memilih jalur berbeda. Berniat sekadar melihat Raudhah untuk merencanakan pergi di hari berikutnya.

Semua muslim dari berbagai suku, bangsa, dan negara berada di rumah Allah tersebut. Tak ada lagi sekat diantara mereka. Kami adalah satu. Umat Nabi Muhammad SAW.

(Tulisan ini merupakan cerita berseri Dream dalam perjalanan umroh ke Tanah Suci 23 Februari-3 Maret 2019. Terhitung hari ini, Dream akan menyajikan kisah-kisah perjalanan saat menjalanan panggilan haji kecil umroh. Labbaik Allahumma Umrotan)

Tips Model Hijab Untuk Wajah Berbentuk Kotak | #OneMinuteWithDream

Jangan Lewatkan