Inilah Kalimat yang Tertulis di Kiswah Kabah

Mungkin ada beberapa pengetahuan seputar Kabah yang masih luput dari perhatian Anda. Salah satunya, tulisan emas yang terdapat di kain penutup Kabah. Apa bunyinya?

Puri Yuanita
| 3 Maret 2016 18:16

Dream - Seluruh umat muslim, termasuk Anda tentu tahu Kabah. Bangunan suci yang menjadi kiblat utama umat Islam dunia. Namun, mungkin ada beberapa pengetahuan seputar Kabah yang masih luput dari perhatian Anda.

Salah satunya, tulisan emas yang terdapat di kain penutup Kabah. Kain hitam penutup Kabah atau yang disebut Kiswah dalam bahasa Arab, diganti setiap tahunnya pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah dalam kalender Islam.

Kiswah dibuat dengan cara menjahit 47 kain secara bersama-sama. Setiap kain memiliki panjang 14 m dan lebar 101 cm. Total ada tiga baris horizontal tulisan yang dijahit dengan benang emas pada kain dalam bahasa Arab.

Baris pertama berbunyi " Ya Allah" dengan dua nama Allah (Asmaul Husna), yaitu " Ya Hannan" di sisi kanan dan " Ya Mannan" di sisi kiri. Hannan berarti 'Yang Maha Berbelas Kasih pada Hamba-Nya'. Dan Mannan berarti 'Yang Maha Memberi'.

Pada baris berikutnya, tertulis kalimat keyakinan dasar umat Islam, yaitu " La Illa Ha Illallah Muhammad Ur Rasulullah" , yang berarti 'Tidak Ada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah'.

Pada baris terakhir, tertulis pujian untuk Allah, yakni " Subhan Allahi Wa Bi Hamdihi Subhan Allahil Azim" yang berarti 'Allah Bebas dari Ketidaksempurnaan dan Segala Puji Bagi-Nya'. 'Allah Bebas dari Ketidaksempurnaan, yang Maha Agung'.

(Sumber: amuslimtraveller.wordpress.com)

 

Topik Terkait :

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan