Resto Cepat Saji Paling Laris dan Populer di Arab Saudi

Al Baik disebut-sebut sebagai restoran cepat saji terbaik di Arab Saudi lho.

Puri Yuanita
| 11 November 2016 16:51

Dream - Berwisata kuliner menjadi salah satu aktivitas yang umumnya dipilih para jamaah umroh ketika sedang senggang usai menjalani rangkaian ibadah. Ada banyak tempat kuliner lezat di Mekah dan Madinah yang biasa dikunjungi para jamaah umroh asal Indonesia.

Salah satunya yang cukup terkenal dan membuat penasaran adalah Al Baik. Al Baik disebut-sebut sebagai restoran cepat saji terbaik di Arab Saudi lho. Di samping cepat penyajiannya, rasa makanan yang ditawarkan di sini pun lezat dan harganya lebih murah dibanding dengan resto cepat saji lainnya.

Al Baik punya banyak cabang yang tersebar di Jeddah, Mekah dan Madinah. Nah, kalau di Kota Mekah, Al Baik yang dikenal paling enak terletak di Aziziyyah Syamaliyyah Street. Selain di Aziziyyah, Al Baik juga dapat ditemukan di Jabal Nur Street, Utaibiyah, Zahir, Suq Difayah dan Um Alqura Street.

Menu yang ditawarkan di Al Baik antara lain ayam goreng tepung, ayam panggang, ikan fillet, nugget, udang, dan sandwich. Porsi hidangannya besar, sesuai ukuran perut orang Timur Tengah.

Paket ayam misalnya. Satu ekor ayam dibelah empat bagian (tanpa kepala dan kaki), atau delapan potong. Bagi orang Saudi yang rata-rata bertubuh bongsor, menu itu mungkin pas untuk mengganjal perut. Tapi bagi orang Indonesia, porsi tersebut bisa untuk 2 sampai 3 orang.

Selain perbedaan porsi, ada banyak perbedaan lainnya antara Al Baik dengan restoran cepat saji yang ada di Indonesia. Apa saja?

Pertama, di restoran ini tidak ada nasi. Berbeda dengan kebanyakan restoran cepat saji di Indonesia yang menyuguhkan nasi. Karbohidrat pendamping yang disajikan di sini adalah kentang goreng dan roti burger.

Namun, roti burger tidak dibelah, melainkan dimakan dengan cara disobek-sobek lebih dulu seperti halnya orang Arab bisa makan shawarma atau roti pita.

Perbedaan kedua, cocolan utama yang disajikan resto ini bukan smabal melainkan garlic sauce alias saus bawang putih dan saus tomat. Saus sambal hanya ada di meja makan dan disajikan dalam botol ukuran kecil.

Apalagi perbedaan lainnya ya? Penasaran? Yuk simak selengkapnya di sini.   

 

Topik Terkait :

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie

Jangan Lewatkan