Waspada Pilih Agen Travel Umroh, Wajib Cermati 5 Hal Ini!

Agar terhindar dari penipuan serta kerugian materil, waktu maupun tenaga, ada 5 hal yang wajib kamu perhatikan dalam memilih agen travel umroh.

Puri Yuanita
| 15 September 2016 18:33

Dream - Terkait maraknya penyelenggara umroh yang 'nakal', calon jemaah sebaiknya harus lebih jeli dalam memilih dan menentukan agen travel. Jangan mudah tergiur dengan janji-janji promosi dan harga murah.

Pastikan agen travel umroh yang hendak kamu gunakan memiliki izin resmi dari pemerintah. Dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai rekam jejak agen perjalanan tersebut. Sedikit bekerja keras di awal tak masalah, demi kenyamanan kamu nantinya ketika melaksanakan perjalanan ibadah di tanah suci.

Nah, agar terhindar dari penipuan serta kerugian materil, waktu maupun tenaga, ada 5 hal yang wajib kamu perhatikan dalam memilih agen travel umroh. Berikut ulasannya.

1. Pastikan sudah terdaftar dan mengantongi izin resmi Kementerian Agama

Ini hal paling utama yang harus dicek saat awal memilih agen travel umroh. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) harus terdaftar dan mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Berhati-hatilah bila ternyata agen yang kamu pilih belum terdaftar. Daripada berisiko, lebih baik jangan dipilih karena masih banyak agen travel resmi yang lain.

Untuk mengecek keresmiannya, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama, datang langsung ke Kementerian Agama kemudian tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU yang resmi. Cara kedua lebih praktis, yakni cukup dengan mengakses internet dan membuka website resmi Kementerian Agama http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu

Setelah masuk ke dalam halaman website, kamu tinggal mencari apakah agen travel yang ingin kamu gunakan masuk daftar resmi atau tidak. Bila tidak muncul, artinya belum terdaftar dan tidak memiliki izin resmi Kemenag.

2. Jadwal keberangkatan yang pasti

Setiap agen travel umroh telah mendapatkan kuota VISA untuk setiap tanggal keberangkatan. Berdasarkan kuota VISA itulah maka agen memberanikan diri untuk membeli (booking seat) tiket pesawat PP dengan data detail, mulai dari nama maskapai, tanggal dan jam keberangkatan dari bandara asal dan tujuannya.

Jadi aneh jika sebuah PPUI mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal dan hari keberangkatan umroh. Berhati-hatilah jika mereka hanya memberikan bulannya saja dan perkiraan maskapai yang akan digunakan.

3. Pastikan paket biaya umroh

Biaya umroh yang dikenakan pada calon jemaah haruslah wajar dan pastikan sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Pastikan berapa harga paket umrohnya dan pelayanan apa saja yang akan kamu dapatkan dengan biaya umroh sebesar itu.

4. Nama hotel dan lokasi

Cek nama hotel, lokasinya dan jaraknya ke masjid (Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi). Bila memungkinkan cek juga apakah sesuai antara paket yang ditawarkan dengan rate bintang hotelnya.

5. VISA

Pastikan kembali VISA umroh jauh-jauh hari sebelum berangkat. Lakukan konfirmasi ke PPUI-nya perihal status VISA yang akan didapat dari pemerintah Arab Saudi.

Nah kamu yang berencana umroh dan tengah sibuk mencari-cari agen travel, jangan lupa cermati kelima hal itu ya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

(Berbagai sumber)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan